Hal penting yang harus dilakukan setelah membuat blog baru

optimasi blog baru


Hal yang perlu dilakukan setelah membuat blog baru - untuk seorang pemula yang baru membuat blog biasanya hanya membuat beberapa posting saja dan tanpa melakukan optimasi terhadap blog yang baru dibuat tersebut. pada tahap ketika sudah membuat beberapa posting biasanya akan muncul pertanyaan pertanyaan dalam pikiran yang sama seperti "hal apasih yang perlu dilakukan sehabis buat blog? atau gimana caranya blog muncul dihalaman pencarian? bagaimana mendatangkan pengunjung ke blog?" dari kebingunan itulah anda mulai mencari tahu bagaimana caranya, karena hal hal itulah optimasi ini penting untuk dialakukan pada blog baru anda.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan hal penting apasajakah yang perlu dilakukan untuk blog yang baru dibuat. kenapa hal ini penting? pada dasarnya blog yang baru dibuat belumlah memiliki kriteria kesempatan untuk mendatangkan visitor/pengunjung ke blog anda. tetapi dengan optimasi berikut ini sudah bisa dijamin blog anda mulai kedatangan visitor, selain itu tujuan lain dari optimasi ini adalah untuk membuat blog muncul pada pencarian google, meningkatkatkan rangking alexa, seo friendly. berikut optimasi yang harus dilakukan:

1. Memilih template blog


Memilih template menjadi bagian penting dalam antarmuka blog karena mencerminkan penampilan blog itu sendiri, supaya penampilan blog enak dipandang mata banyak template template bagus yang disediakan untuk anda tetapi memilih template tidak lah hanya melihat seberapa bagus template itu dipandang mata namun terdapat faktor yang akan menjadikan blog menjadi seo friendly, berikut tips memilih template yang baik:
  • pilih template sesuai dengan topik blog
  • desain template rapih
  • template ringan ketika loading
  • memenuhi standar seo friendly
  • lebih baik lagi jika template sudah Responsive (Mobile Friendly)

2. Menjadikan blog seo friendly


Secara singkat pengertian SEO(search engine optimization) adalah serangkaian proses yang membuat blog anda menjadi urutan pertama atau muncul pada halaman pencarian google. untuk blog yang baru dibuat tentu belum memiliki standar seo yang baik dan masih harus dialkukan optimasi seo, hal ini menjadi bagian penting agar blog mendapatkan visitor.

baca : tehnik optimasi seo untuk blog yang baru dibuat

3. Mendaftarkan blog ke google webmaster tools


Untuk blog yang baru dibuat tentunya harus didaftarkan ke google webmaster tools, tujuan dari mendaftarkan adalah untuk mengelola blog anda sama halnya seperti dashbord blog tetapi untuk google webmaster tool lebih mendetail dalam memantau dan mengoptimalkan blog seperti jumlah artiekel yang sudah diindex, crawl error, bounce rate, data visitor. dan banyak lagi.

baca : cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools

4. Mulai membuat artikel berkualitas secara rutin dan original(tidak copy paste)


Tujuan utama sebuah blog adalah memberikan informasi dalam bentuk artikel jadi artikel bisa dibilang menjadi jantung sebuah blog yang memberikan kehidupan diblog itu. syarat membuat artikel berkualitas adalah artikel benar benar ditulis asli dan tidak copy paste. mungkin untuk anda yang baru belajar menulis artikel untuk blog sebaiknya mencari refrensi untuk artikel yang akan anda buat, maksdunya mencari refrensi adalah misalkan anda ingin membuat tentang artikel seo blog tetapi sebelum menulis anda mencari tahu dan membaca tentang artkel seo blog itu di google, kemudian mulai menulis dengan sudut pandang dan ciri khas anda sendiri. seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyak artikel yang anda tulis maka kemampuan menulis anda akan meningkat dengan sendirinya.

5. Men submit sitemap/peta situs ke google, bing.


Sebuah blog yang baru dibuat tentunya sangat dianjurkan untuk men submit sitemap/ peta situs ke mesin pencari google maupun bing. fungsi ini amatlah berperan penting agar mesin pencari dapat dengan mudah meng-crawl/ merayapi semua artikel yang ada dalam blog anda yang memungkinkan lebih cepatnya pengindexan artikel anda.

baca : cara mensubmit sitemap ke search engine GOOGLE
baca : submit sitemap ke yahoo dan bing

6. Mempromosikan blog ke sosial media


Ada banyak cara untuk mengenalkan blog baru kita kepada orang lain. salah satunya adalah menggunakan sosial media sebagai wadah promosi seperti facebook, twitter, google dll. salah satu keuntungan mempromosikan blog adalah anda akan mendapakan visitor/pengunjung.

Comments

  1. [img]http://2.bp.blogspot.com/-rPgUOCZzIws/VYdjEgxQSPI/AAAAAAAACac/U0pT2xDjDbA/s1600/Untitled-1.png[/img]

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas infonya mas.. Bermanfaat sekali terutama buat pemula yang ingin blognya juga bermanfaat. Salam hangat

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat sekali penjelasannya secara detai,mudah di pahami, artikel yang bagus dan top dech

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infornya mas, sangat lengkap dan sangat cocok bagi yang ingin belajar Bisnis dari blog

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan sopan sesuai dengan topik bahasan.
Komentar dengan menyertakan tautan hidup akan otomatis terhapus.